SEMINAR DISEMINASI RISET MP3EI DI INDONESIA

Proyek Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025 (MP3EI) merupakan mega proyek di bidang ekonomi yang sedang berlangsung di Indonesia saat ini. Dimana penyebaran lokasinya terbagi dalam 6 koridor antara lain koridor Sumatera,  Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara serta Maluku-Papua yang akan dipusatkan pada titik-titik tertentu di setiap daerah. Untuk wilayah Sumatera sendiri terpusat pada tiga titik utama yaitu di Kuala Tanjung, Sei Mangkey dan Bandara Internasional Kualanamu (KNIA).

KEGIATAN DAN NARASUMBER
Kegiatan seminar akan dilaksanakan dalam dua panel sebagai berikut :

Panel Diskusi 1 terdiri dari materi dan narasumber sebagai berikut :

1. Progres, Efektifitas dan Kendala MP3EI di Sumatera Utara, Ir. Gatot Pujonugroho, Gubernur Sumatera Utara.
2. Diseminasi Riset MP3EI : Master Plan Percepatan dan Perluasan Krisis Sosial-Ekologis Indonesia, Dian Yanuardi, Sajogyo Institute. Kegiatan Panel Diskusi 1 ini akan di moderasi oleh Wina Khairina, M.Si (HaRI – Hutan Rakyat Indonesia).

Panel Diskusi 2 terdiri dari materi dan narasumber sebagai berikut :

1. MP3EI : Hilirisasi dan Eksploitasi Buruh Perkebunan di Sumatera Utara, Saurlin Siagian MA, Peneliti, Hutan Rakyat Indonesia (HaRI).

2. MP3EI : Pembangunan Ekonomi Minus Partisipasi Masyarakat, DR. Fikarwin Zuska, MA, Antropolog, FISIP USU.
Kegiatan Panel Diskusi 2 Kegiatan ini akan di moderasi oleh Lister Berutu, M.Si (Antropolog, Kepala Laboratorium Antropologi FISIP USU).

SASARAN DAN TARGET PESERTA
Peserta kegiatan ini adalah masyarakat umum, DPRD, pegiat hak azasi manusia, organisasi masyarakat sipil, media dan civitas akademika. Kegiatan ini akan mengundang dan melibatkan sekitar 75 orang peserta. Daftar peserta terlampir.

TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan akan dilaksanakan pada :
Tempat    : Ruang Sidang FISIP USU Lantai II Jl. Dr. Sofyan No. 1 Kampus USU, Padang Bulan,  Medan.
Hari         : Selasa, 28 Oktober 2014
Waktu     : 08.30 Wib – 17.00 Wib

PENYELENGGARA KEGIATAN
Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Sajogyo Institute, Hutan Rakyat Indonesia (HaRI) dan Jurusan Antropologi FISIP USU.