Diskusi Kritis : Studi Kasus Desa Pergulaan vs PT. London Sumatera Indonesia Tbk

Pada 24 Februari 2014, Hutan Rakyat Institute (HaRI) mengadakan sebuah diskusi kritis yang mengusung topik, “Studi Kasus Desa Pergulaan Versus PT. London Sumatera Indonesia Tbk”. Diskusi ini diselenggarakan atas kerjasama HaRI dengan Laboratorium Antropologi FISIP USU (Universitas Sumatera Utara). Diskusi diadakan di aula ruang sidang FISIP USU.

Dalam diskusi ini, Wina Khairina selaku pembicara menyampaikan hasil studi kritisnya terhadap kasus konflik tanah di Desa Pergulaan. Kasus dibedah secara antropologis, disertai dengan pendekatan hukum advokasi. Perpaduan ini membuat kasus yang diteliti mudah dipahami secara struktural dan mendalam. Makalah yang disampaikan Wina Khairina merupakan ringkasan dari tesis magisternya sendiri ketika menyelesaikan studi S2-nya di jurusan Antropologi Sosial, Universitas Negeri Medan.

Diskusi dihadiri oleh sejumlah mahasiswa, perwakilan beberapa NGO, perwakilan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara dan perwakilan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara. HaRI telah mengundang PT. London Sumatera Indonesia Tbk, namun tak seorangpun perwakilan perusahaan yang datang ke lokasi diskusi.

Rencananya, diskusi kritis hasil kerjasama HaRI dan Lab. Antropologi FISIP USU ini akan dilaksanakan tiga bulan sekali, dengan topik terkait hak-hak masyarakat lokal.