Kabar Gembira: Santander Hentikan Danai APRIL Penghancur Hutan

Kabar gembira: Santander, sebuah Bank terbesar di Eropa, baru saja berjanji menghentikan pendanaan pada perusahaan kertas APRIL. Santander setuju bahwa APRIL tidak akan menerima dana lagi hingga perusahaan itu berhenti menghancurkan hutan hujan Indonesia

Setelah menerima ribuan pertanyaan dan keluhan, Bank Santander pekan lalu mengumunkan:

“Banco Santander telah memutuskan untuk tidak memperbaharui pendanaan saat ini kepada APRIL dan pada tahap ini juga tidak akan memperpanjang pendanaan di masa mendatang. Apa pun pinjaman di masa depan sangat tergantung pada pelaksanaan ukuran-ukuran baru keberlanjutan yang menuntaskan keterlibatannya dengan deforestasi.”

Ini adalah capaian fantastis. Hanya kurang dalam tiga minggu, kami berhasil mendesak bank terbesar di Eropa untuk mengakhiri hubungannya dengan satu di antara perusahaan penghancur hutan di Indonesia. Lebih dari 170.000 dari kita telah meminta Santander untuk bertindak dan telah membuat APRIL menanggung biaya puluhan juta dollar.

Tanggapan dari nasabah Santader atas kampanye ini sangat fenomenal. Dan ini patut diakui bahwa Santander telah mendengar dan merespon. Tetapi ini tidak akan pernah terjadi jika Santander memiliki kebijakan yang kuat untuk menghentikan perusahaan memberikan pinjaman kepada penghancuran hutan.

Santander telah bergabung dengan semakin banyaknya daftar perusahaan yang berdiri melawan penghancuran hutan oleh APRIL. Banyak perusahaan pembeli kertas yang besar sudah membatalkan kontraknya dengan APRIL untuk alasan yang sama.

Pengumuman pekan lalu mengirimkan pesan yang jelas kepada APRIL bahwa deforestasi tidak dapat diterima. Hal ini tentu menambah besar tekanan kepada bank internasional lainnya yang memiliki hubungan pendanaan untuk APRIL, termasuk Credit Suisse dan ABN Amro untuk mengambil komitmen serupa.

Sekarang APRIL sudah punya pilihan jelas. Mereka bisa melanjutkan pembukaan hutan hujan dan berisiko kehilangan pelanggan lainnya. Atau mereka bisa mengakhiri deforestasi dan mulai melindungi hutan hujan dan gambut. Bola, seperti kata mereka, ada di tangan mereka

Menyeret perusahaan-perusahaan seperti Santander dan APRIL untuk bertanggungjawab hanya bisa dilakukan karena ada orang-orang seperti kamu yang memberikan dukungan ke kami baik moril maupun materi. Sebagaimana diketahui kami di Greenpeace tidak menerima pendanaan dari perusahaan atau pemerintah manapun juga, untuk menjaga independensi kampanye kami bergantung sepenuhnya pada donasi individu seperti kamu. Jika kamu ingin memastikan pekerjaan untuk melindungi hutan terus berlanjut di masa mendatang, terus dukung kampanye penyelamatan hutan kita.

 

Sumber