Komisi A DPRD Sumut Siap Bersinergi dengan Kelompok Masyarakat Sipil dalam Penyelesaian Konflik Agraria

27d8bcaf-98d9-493c-a67a-e5f28ed7e117

Silaturahmi mayarakat sipil yang digelar Senin, 18 Januari 2016 berlangsung di Kantor DPRD Sumatera Utara. Bertempat di ruang Komisi A DPRD Sumatera Utara, Sarma Hutajulu selaku ketua komisi A DPRDSU memimpin acara yang dimulai sejak pukul 14.00 Wib.

Saurlin Siagian selaku penggagas pertemuan mengawali dengan penjelasan singkat terkait latar belakang pertemuan tersebut. Dijelaskan bahwa pertemuan tersebut tidak hanya sebatas silaturahmi tetapi juga menjadi agenda masyarakat sipil untuk isu agraria, konflik tanah dan sumber daya di Sumatera Utara. Oleh karena itu, masyarakat sipil perlu mengawal legislatif untuk memastikan aspirasi penggiat agraria, kelompok tani dan masyarakat adat yang berkonflik dapat didengarkan.

Pertemuan ini sendiri dihari oleh 20-an masyarakat sipil yang menggeluti isu agraria di Sumatera Utara. Baik peneliti, akademisi, pemerhati lingkungan, penggiat HAM, pendamping serta masyarakat yang berkonflik. Dari Komisi A sendiri diikuti oleh beberapa orang anggota dewan, termasuk Sarma Hutajulu yang baru terpilih sebagai ketua komisi A DPRD Sumatera Utara.

Sarma Hutajulu mengatakan bahwa lewat pertemuan ini anggota dewan khususnya Komisi C tetap dikawal dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Dengan ini, kedepan berbagai kasus konflik agraria yang ada di Sumatera Utara bisa diselesaikan. Hal ini tentunya dengan dukungan dan kerjasama yang baik antara DPRDSU dengan masyarakat sipil.