Berjuta-juta dari Kebun Sawit

Sampul_BriefPaper

“Terdapat ratusan ribu buruh, laki-laki, perempuan, anak-anak, dan keluarga, bekerja untuk perusahaan perkebunan sawit setiap hari tanpa hubungan kerja yang jelas”

 Sawit telah menjadi mutiara mahal, namun sekaligus menyisakan kisah buram. Tahun 2011 ini total produksi CPO dari Indonesia diprediksi mencapai 25,4 juta Ton setara dengan 25 Milyar Dollar US, jika harga rata rata 1.000 USD per Ton. “Mutiara” ini dibagi habis, masing masing 9,5 Milyar untuk korporasi, 6,5 Milyar untuk PTPN, dan 9 Milyar Dollar untuk non korporasi atau tuan tanah dan tani kaya.

Minyak itu “ditambang” dari lahan seluas sekitar 9 juta hektar tersebar di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua, dengan jumlah pekerja diperkirakan sebanyak 10 juta orang. Ironinya, jutaan orang pekerja tak terdokumentasi membantu pekerjaan buruh tetap sebagai kernet, untuk memenuhi target kerja. Gaji resmi rata-rata satu orang buruh sebesar 1 Juta rupiah, harus dibagi lagi kepada ‘kernetnya’ yang umumnya adalah anggota keluarga seperti pasangan dan anaknya.

DOWNLOAD

Share :