Workshop Pengenalan Drone untuk Pemetaan Perhutanan Sosial

Workshop_Drone_backdrop_fixedTeknologi pemetaan terkini yang semakin pesat berkembang adalah tehnologi drone, yaitu wahana terbang tanpa awak. Mahalnya teknologi dan terbatasnya sumber daya yang mengoperasikan teknologi ini menjadi penyebab drone masih terbatas sekali di adopsi dalam pemetaan. Padahal drone memiliki beberapa kelebihan terkait akurasi dan presisi yang cukup tinggi, waktu yang lebih pendek dalam membuat akuisisi data spasial, minimalisasi anggaran pemetaan, serta mendorong partisipasi masyarakat didalam mengenali ruang hidupnya lebih detail.

Hutan Rakyat Institute menyelenggarakan kegiatan Workshop “Pengenalan Drone untuk Pemetaan Perhutanan Sosial” dengan menghadirkan Irendra Radjawali sebagai narasumber. Seorang ahli politik ekologi yang juga merupakan pionir dalam membuat drone degan biaya murah yang diaplikasikan  untuk pemetaan wilayah hutan di Indonesia. Kegiatan ini akan berlangsung satu hari pada tanggal 24 April 2016 di Sekretariat Hutan Rakyat Institute, dimulai dari pukul 08.30 WIB sampai pukul 17.30 WIB.

Workshop ini bertujuan untuk mendorong tersedianya pilot-pilot  drone di Sumatera Utara sebagai keharusan untuk mendukung Kelompok Pengelola Hutan dalam melakukan klaim haknya di wilayah kawasan hutan.

 

Share :