Koperasi Serba Usaha (KSU) Putera Selatan Kluet

Dok.HaRI 6/2/21

Koperasi Serba usaha (KSU) Putera Selatan Kluet berlokasi di desa Purwodadi, Kecamatan Badar, Aceh Tenggara. Koperasi ini melakukan kegiatan berdasarkan prinsip-prinsip koperasi serta telah mendapat izin usaha pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan berdasarkan keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan Republik Indonesia Nomor : SK.56 49/ MENLHK – PSKL / PKPS / PSL.0 / 9/ 2018 seluas ± 6.090 hektare, di kawasan Hutan Lindung, desa Sekhakut, kecamatan Leuser, Aceh Tenggara. Izin usaha tersebut meliputi  beberapa rencana yaitu rencana pembangunan usaha, pembangnan kelembagaan, rencana penyuluhan, sosialisasi, pengamanan, pendidikan dan pelatihan.

Tersedia-nya hasil hutan bukan kayu di areal Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKm) seperti rotan, lebah madu, getah damar, ijuk, bambu, dll, menjadikan Usaha pemungutan dan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu sebagai  salah satu sumber penghasilan anggota KSU Putera Selatan Kluet. Selain hasil hutan bukan kayu, keindahan alam menjadi potensi wisata yang terdapat di lokasi hutan KSU Putera Selatan Kluet, dapat dikembangkan sebagai tempat persinggahan para wisatawan yang akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Banyak, Aceh Singkil.

Setelah menyusun Rencana Kerja Usaha (RKU), KSU Putera Selatan akan  melakukan Rencana Pembangunan Usaha melalui usaha pemanfaatan kawasan. Hal itu dilakukan agar  seluruh anggota koperasi merasakan manfaat dari perizinan yang telah diperoleh. Perkebunan tumpang sari, pengembangan peternakan serta penangkaran akan dilaksanakan melibatkan koperasi, pemerintah dan pihak ketiga yang bermitra dengan KSU  Putera Selatan Kluet.

Rencana pembangunan kelembagaan meliputi pembangunan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan usaha perkebunan dan peternakan, yang meliputi pengadaan ternak, pembuatan kandang, pengadaan mesin pengolahan pakan ternak. Pengembangan wisata alam dengan melengkapi sarana dan prasarana seperti homestay,  rumah makan, lokasi outbond, dan sebagainya.

Selain itu anggota maupun pengurus KSU Putera Selatan Kluet akan mendapatkan bimbingan dan arahan dari pihak-pihak terkait yang kompeten melalui rencana penyuluhan. Materi penyuluhan dan sosialisasi yang direncanakan adalah  tentang perhutanan sosial pelestarian alam, pengembangan ekonomi, penguatan lembaga, pertanian dan holtikultur, pembibitan serta perkebunan dan ketahanan pangan. Penyuluhan dilakukan agar tujuan dan kegiatan yang dilakukan oleh koperasi tepat sasaran. Peningkatan kualitas sumber daya manusia baik anggota maupun pengurus yang ada di dalam KSU Putera Selatan Kluet akan dicapai dengan rencana pendidikan dan pelatihan. Adapun rencana pendidikan yang akan dilakukan ialah diklat manajemen organisasi, perencanaan hutan, pemanfaatan HHBK, pemanfaatan jasa lingkungan, perencanaan RHL, pengaman hutan partisipatif, pengembangan usaha kecil, inventarisasi hutan, perpetaan, dan lain-lain. (WSB)