Panji Prasetyo: Penting Pemantauan Masyarakat Terdampak BRI

Pengamat investasi China, Panji Prasetyo, MA, menyampaikan bahwa penting informasi dan survei yang lebih utuh terkait masyarakat terdampak BRI di Indonesia. Hal itu disampaikan alumni Guandong Unviersity, China ini dalam konsultasi nasional tentang BRI di Jakarta, 20 Oktober 2022.

Dalam makalah berjudul, “China Businesses Society  and Investment Discourse on human rights and environmental Issues, Panji menyampaikan bahwa Asia secara regional akan menjadi pusat dunia dalam dunia bisnis, hal ini dilihat jumlah penduduk asia yang khususnya China yang mengalahkan Amerika.

Indonesia hanyalah salah satu arena pertarungan yang saat ini semakin terasa berbagai kepentingan global. Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, adalah salah satu contoh bagaimana China memenangkan pertarungan investasi global di Indonesia, ungkap Panji.

Pada awal mula nya Pemerintah meminta kepada Jepang untuk untuk membuatkan kereta cepat, Namun pada akhirnya KCIC (China) yang mendapatkan proyek tersebut dan dikerjakan oleh perusahaan perusahaan asal China.

Pemerintah Indonesia juga berharap terhadap keterlibatan lebih serius China untuk investasi di Indonesia, hal itu direfleksikan dari upaya diplomasi yang intensitasnya meningkat pada pemerintahan Jokowi, tambahnya.

Namun, investasi ini penting dikawal supaya tidak berimplikasi buruk secara sosial dan lingkungan hidup, sebagaimana banyak mewarnai pemberitaan belakangan ini di Indonesia. Oleh karena itu, penting secara konsisten melakukan pemantauan dan penelitian termasuk survei investasi China, khususnya implikasinya terhadap masyarakat, tutupnya.

xz